SISTEM MODEL

PENS mempersiapkan pendirian Program Studi Teknik Informatika dan Komputer pada Program Pascasarjana S2 Terapan dalam program DEGREE (Development of EEPIS Graduate Engineering Education) yang sedang direncanakan oleh PENS. DEGREE akan mengembangkan program master pada bidang Teknologi Rekayasa (Engineering Technology) di PENS. Program Pascasarjana S2 Terapan Teknologi Rekayasa dikembangkan untuk menghadirkan inovasi teknologi kepada para pengguna. Alur konsentrasi PENS di bidang inovasi teknologi untuk Program Pascasarjana S2 Terapan Teknologi Rekayasa meliputi proses engineering, technology, dan manufacturing.

Posisi program studi Pascasarjana S2 Terapan yang akan dilaksanakan oleh DEGREE pada jalur pendidikan berbasis keahlian dibandingkan dengan institusi lain pada jalur pendidikan akademik pada roadmap inovasi teknologi. Pada roadmap inovasi teknologi, DEGREE mengedepankan pendekatan pendidikan berbasis keahlian yang didukung oleh pendidikan berbasis akademik.

UU No. 20 tahun 2003 menyebutkan bahwa pendidikan tinggi di Indonesia dibedakan menjadi 3 (tiga) jalur pendidikan tinggi yaitu: jalur pendidikan akademik, jalur pendidikan vokasi, dan jalur pendidikan profesi. Jalur pendidikan vokasi dan jalur pendidikan profesi lebih berorientasi pada pendidikan yang berbasis keahlian (skill based education). Posisi Program Pascasarjana yang dilaksanakan oleh DEGREE dalam kaitannya dengan inovasi teknologi sebagaimana yang terlihat pada gambar di atas, menunjukkan perbedaan pendekatan sistem pendidikan antara jalur pendidikan berbasis akademik dan jalur pendidikan berbasis keahlian pada level pendidikan tinggi. Program DEGREE yang dicanangkan PENS berada pada jalur pendidikan berbasis keahlian dengan kemampuan merekayasa teknologi untuk pemecahan masalah (Engineered-Technology Based Problem Solving) dan dibekali sistem pendidikan berbasis akademik dengan kemampuan pemecahan masalah berorientasi pada analisa multi kriteria (Multi-Analysis Problem Solving).