Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Doktor Terapan PENS Semester Gasal 2024,2025

PMB S3 PENS 2024

Friday, October 11, 2024 12:04 AM

Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Doktor Terapan PENS Semester Gasal 2024,2025

A. PROGRAM DOKTOR TERAPAN SISTEM SIBER-FISIK (SSF)

Program Doktor (S3) Terapan Sistem Siber-Fisik (SSF) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) merupakan program Pendidikan Doktor Terapan pertama di Indonesia. SSF telah menjadi pilar utama yang mendukung berbagai inovasi teknologi yang mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi dalam era digital saat ini. SSF mengintegrasikan dunia fisik dengan komputasi dan komunikasi untuk menciptakan sistem yang cerdas dan responsif. Program Doktor Terapan Sistem Siber-Fisik dirancang untuk melahirkan ahli yang mampu memimpin pengembangan dan implementasi solusi SSF di berbagai sektor/bidang seperti berikut ini, namun tidak terbatas pada: aerospace, otomotif, proses kimia, infrastruktur sipil, energi, robotika, kesehatan, industri, manufaktur, transportasi, lingkungan, teknologi permainan, peralatan consumer, pangan (agrikultur dan akuakultur), pertahanan dan keamanan, kebencanaan.


B. JALUR MASUK

  • Mandiri

  • Beasiswa Riset Inovasi (RiNov) PENS S3 Terapan Sistem Siber-Fisik (Khusus Dosen Politeknik Negeri dan AKN di bawah Kemendikbudristek)


C. BIAYA STUDI

  • Rp. 13.000.000,- / semester

Nb : semua biaya yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan.


Thumbnail

D PERSYARATAN UMUM

  1. Lulusan program Magister/Magister Terapan dengan bidang yang relevan (poin A).
  2. IPK Magister/Magister Terapan minimal 3,00.
  3. Telah memiliki hasil tes TOEFL yang masih berlaku atau hasil TOEFL Prediction Test dengan skor minimal 500, yang dibuktikan dengan scan/copy sertifikat. (jika belum memenuhi, dapat dipenuhi saat studi)
  4. Mengisi formulir pendaftaran beserta dokumen lampiran dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 500.000,- secara online.

E. PERSYARATAN DOKUMEN WAJIB

  1. Salinan ijazah S1/S1Tr dan S2/S2Tr (bagi yang telah lulus) atau Surat Keterangan Lulus (SKL) Program Magister/Magister Terapan bagi yang telah dinyatakan lulus atau Surat Keterangan dari Program Studi PT asal yang menyatakan bahwa calon adalah (1) mahasiswa aktif Magister/Magister Terapan tingkat akhir, (2) sedang mengerjakan Tesis, dan (3) diproyeksikan lulus pada akhir semester genap 2023/2024 untuk mahasiswa yang akan lulus.
  2. Salinan transkrip akademik S1/S1Tr dan S2/S2Tr (bagi yang telah lulus) atau raport/transkrip semester 1-3 (bagi yang akan lulus S2/S2Tr).
  3. Fotokopi KTP (NIK).
  4. Mengisi form rekomendasi (diisi langsung oleh pemberi rekomendasi melalui link yang diberikan via email. Mohon email dan no HP pemberi rekomendasi diisikan pada saat pendaftaran).
  5. Surat Keterangan Sehat.
  6. Hasil TPKA (tes dilakukan sesuai jadwal).
  7. Hasil TOEFL/TOEFL Prediction Test.
  8. Rencana/Proposal topik penelitian yang telah disetujui oleh calon Promotor Utama dari PENS.
  9. Surat pernyataan kesediaan Dosen Pascasarjana PENS yang eligible Cek Disini. sebagai Promotor Utama. Download disini.
  10. Surat ijin studi dari instansi bagi pendaftar yang sudah bekerja. Download disini.
  11. Surat pernyataan keaslian dokumen. Download Disini.
  12. Link pendaftaran Klik Disini

F. Link Livestream Youtube dan Materi "Webinar Sosialisasi Beasiswa Riset Inovasi PENS S3 Terapan Sistem Siber-Fisik"

Link youtube

Link materi

Jumbotron PENS

Jl. Raya ITS, Keputih, Kec. Sukolilo, Kota SBY, Jawa Timur 60111

Indonesia

(031) 5947280

humas@pens.ac.id